Monday, October 22, 2012

Sistem Informasi Akuntansi



UJIAN MID SEMESTER GENAP TAHUN 2011/2012
FAKULTAS EKONOMI  - UNSA
Jl. Raya Palur KM. 5  Telp (0271) 825117 Karanganayar – Surakarta

 

Mata Uji         : Sistem Informasi Akuntansi
Progdi/Smt      : Akuntansi / malam
Hari/Tgl          :  Mei  2012  
Waktu             : 75 Menit
Dosen                         : Drs. Sugeng Santoso, M.Si
 


Jawablah dengan singkat dan jelas

1.    Apa yang dimaksud Sistem Informasi Akuntansi dan sebutkan komponennya ?

2.    Apa yang dimaksud record management ?

3.    Apa manfaat computer dalam Sistem Informasi akuntansi  ?

4.    Apa yang dimasksud Sistem Pengendalian Intern (SPI)  dan sebutkan unsur-unsur SPI ?

5.    Sebutkan dan Jelaskan Siklus akuntansi ?

6.    Apa yang dimaksud :
·       Bacth processing
·       On-line processing 
·       Terminal
·        Point of Sales Terminal (POS)

Selamat mengerjakan





UJIAN SEMESTER GENAP TAHUN 2011/2012
FAKULTAS EKONOMI  - UNSA
Jl. Raya Palur KM. 5  Telp (0271) 825117 Karanganayar – Surakarta

 

Mata Uji         : Sistem Informasi Akuntansi
Progdi/Smt      : Akuntansi
Hari/Tgl          :    Juli  2012  
Waktu             : 75 Menit
Dosen                         :  Drs. Sugeng Santoso, M.Si
 

Kasus :
Akuntan junior Anda telah menyiapkan deskripsi prosedur pengendalian internal dan akuntansi berikut ini, yang berhubungan dengan pembelian yang dibuat oleh perusahaan Branden, perusahaan manufaktur ukuran menengah untuk mesin pesanan khusus :
·        Setelah disetujui oleh para supervisor departemen pembelian, yang mendistribusikan daftar permintaan ke pegawainya.  Para pegawai tersebut menyiapkan pesanan pembelian rangkap tiga yang telah diberi nomor, mencatat seluruh nomor, dan mengirimkan pesanan yang asli ke pemasok.  Satu kopi pesanan pembelian di kirim ke departeen penerima yang menggunakannya sebagai laporan penerimaan.  Kopi yang lain disimpan di departemen pembelian.
·        Ketika material diterima, material tersebut tersebut di taruh diruang  penyimpanan dan diberikan ke supervisor berdasarkan permintaan informal.  Departemen penerima mengirim laporan penerimaan (dengan lampiran kopi pesanan pembelian) ke departemen pembelian dan menyerahkan kopi laporan penerimaan ke ruang penyimpanan dan departemen akuntansi.
·        Faktur dari pemasok material yang dibeli, diterima kopinya di ruang surat, dan dikirm ke dapartemen pembelian, serta diserahkan ke pegawai yang memesan material tersbut. Pegawai kemudian membandingkan :
  1. Harga dan ketentuan pada faktur dengan kopi pesanan pembelian di file departemen pembelian.
  2. kuantitas faktur yang diterima seperti yang dilaporkan oleh pengiriman dan departemen penerimaan pada kopi pesanan pembeluan.  Pegawai departemen pembelian juga memeriksa diskon, jumlah yang diterima, dan penambahan, setelah itu mereka memaraf faktur tersebut untuk menyatakan persetujuan pembayaran. Faktur itu dikemudian diserahkan ke bagian dokumen pada departemen akuntansi yang memberikannya kode untuk distribusi akun, memberikan nomor dokumen, memasukannya ke daftar dokumen, dan menyimpannya menurut tanggal jatuh tempo pembayaran.
  
Diminta :
  1. Gambarkan Arus Dokumen (flow chart) sistem diatas !
  2. Apa kelemahan pengendalian internal pada perusahaan Branden.  Sarankan prosedur tambahan atau revisi untuk mengatasi setiap kelemahan sistem diatas

SELAMAT MeNGERJAKan
UJIAN SEMESTER GENAP TAHUN 2011/2012
FAKULTAS EKONOMI  - UNSA
Jl. Raya Palur KM. 5  Telp (0271) 825117 Karanganayar – Surakarta

 

Mata Uji         : Sistem Informasi Akuntansi
Progdi/Smt      : Akuntansi/Malam
Hari/Tgl          :    Juli  2012  
Waktu             : 75 Menit
Dosen                         :  Drs. Sugeng Santoso, M.Si
 


Diminta : Diskripkan proses Bagan alir sistem pengeluaran kas, dan apa kelemahan.

BAGAN ALIR SISTEM PENGELUARAN KAS

No comments:

Post a Comment