Wednesday 8 April 2020

Audit sektor publik

     Jawab singkat dan jelas

  1. Informasi dari hasil audit sektor public dapat digunakan oleh baik pihak internal (entitas yang diaudit) maupun pihak eksternal (di luar entitas yang diaudit).  Sebutkan kegunaan hasil audit bagi pihak eksternal terkait dengan mengevaluasi!
  2. Pernyataan standar umum yang keempat adalah: Setiap organisasi pemeriksa yang melaksanakan pemeriksaan berdasarkan Standar Pemeriksaan harus memiliki sistem pengendalian mutu yang memadai dan sistem pengendalian mutu tersebut harus di-review oleh pihak lainyang kompeten (pengendalian mutu eksternal). Jelaskan dasar pemikiran yang melandasi adanya standar umum tersebut!
  3. Apabila dari pengujian ditemukan adanya kesalahan data atau auditor tidak mampu memperoleh bukti yang cukup, kompeten, dan relevan. Bagaimanakah bukti tersebut dapat dikatakan cukup, kompeten, dan relevan?
  4. Audit Kinerja memiliki 3 jenis Standar, yaitu Standar Umum, Standar Pelaksanaan, dan Standar Pelaporan. Sebutkan isi dari standar pelaporan secara jelas dan lengkap
  5. Standar pelaporan audit kinerja memuat unsur kualitas laporan, dimana audit keuangan dan audit dengan tujuan tertentu tidak mengatur hal tersebut. Mengapa demikian?
  6. Area kunci merupakan area atau kegiatan yang dilaksanakan auditee, yang sangat menentukan tinngkat keberhasilan atau kegagalan kinerja auditee yang bersangkutan. Mengapa tahap identifikasi area kunci merupakan tahap yang paling kritis dan menentukan dalam pelaksanaan audit kinerja?
  7. Pendekatan audit berbasis kinerja, risiko adalah suatu pendekatan yang lebih menekankan terhadap analisis risiko menjadi fokus audit. Jelaskan secara ringkas mengenai pendekatan audit tersebut terhadap audit laporan keungan dan kinerja!
  8. Seorang auditor harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti materialitas keuangan, batas kritis keberhasilan dan visibilitas dalam penentuan signifikansi. Bagaimanakah konsep materialitas keuangan yang harus dipertimbangkan dalam audit kinerja?
  9. Tujuan dilaksanakannya audit salah satunya berkaitan dengan 3E (Ekonomis, Efisiensi, Efektivitas). Terkait dengan dampak audit yang sangat diharapkan peran positifnya bagi auditee, sebutkan dampak audit yang diharapkan berkaitan 3E tersebut!
  10. Berbagai situasi mungkin terjadi, sehingga auditor memutuskan untuk tidak melaksanakan audit secara profesional pada beberapa area tertentu atau bahkan pada seluruh area entitas, baik karena keadaan entitas maupun keadaan auditor itu sendiri. Dalam memutuskan hal tersebut, apa saja hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh sang auditor?

No comments:

Post a Comment